Pemecahan Masalah Email

Tutorial ini mencakup langkah yang harus Anda ambil jika, saat Anda mengubah domain untuk mengarahkan ke Cloudflare, Anda tidak lagi menerima email ke domain Anda . Jika Anda mengikuti tutorial ini dan masih memerlukan bantuan lebih lanjut, sampaikan kepada kami hal yang telah Anda coba dan berikan nama domain Anda serta jika memungkinkan, tangkapan layar catatan DNS Anda di Cloudflare yang sudah disunting untuk kerahasiaan.

1. Apakah MX record yang ditetapkan untuk domain Anda sudah benar?
Anda harus menetapkan MX record di app DNS pada dasbor Cloudflare Anda agar dapat menerima email. Terdapat tutorial pada https://community.cloudflare.com/t/adding-dns-records/52718 jika Anda perlu bantuan mengenai hal ini. MX record Anda harus mengarah ke server yang mengelola pesan Anda. Contoh yang seharusnya terlihat adalah:


Dengan yoursite.com adalah nama domain Anda dan server.mailhost.com adalah nama server yang diperlukan oleh host pesan Anda. Catatan yang mengarah ke mail.yoursite.com sering digunakan jika Anda menggunakan hosting bersama dan email Anda di-hosting di server yang sama dengan situs web Anda. Anda juga harus memastikan bahwa catatan tersebut mengarah ke penyedia yang benar dengan memeriksa apakah catatan Anda cocok dengan yang ditentukan di dokumentasi penyedia.

2. Apakah kolom nama pada MX record Anda ditetapkan menjadi @?
Jika tidak, maka catatan tersebut mencakup subdomain untuk pesan, bukan domain pesan. Pastikan nama tersebut ditetapkan menjadi @ atau yoursite.com pada MX record. Pada bagian yang menyebutkan yoursite.com dalam contoh di atas, pastikan nama domain Anda tercantum di sini atau MX record tidak akan berfungsi sebagaimana diharapkan.

3. Apakah MX record Anda mengarah ke mail.yourdomain.com (atau yang serupa)?
Jika benar, pastikan catatan A Anda sudah ditetapkan untuk pesan yang mengarah ke alamat IP dari server yang menangani email Anda (yang diberikan oleh penyedia email or host web Anda). (pastikan bagian ini telah menjadi :grey:).

Jika MX record Anda seperti contoh ini


di mana pesan ditangani oleh sebuah subdomain dari domain Anda sendiri, maka Anda akan memerlukan catatan DNS lain. Jika Anda menggunakan mail.yoursite.com, maka catatan perlu memiliki, misalnya, nama pesan. Catatan tersebut harus berupa catatan A yang mengarah ke alamat IP server Anda, yang ditampilkan sebagai 192.0.2.1 pada contoh di bawah ini:

4. Apakah Anda memiliki catatan A (biasanya pesan ) yang mengarah ke IP server yang menjadi tempat hosting pesan Anda?
Jika Anda sudah membuat catatan A, seperti ditunjukkan pada langkah 3, pastikan catatan tersebut bertanda :grey: di sebelahnya. Jika tandanya :orange:, klik tanda awan untuk mengubahnya menjadi :grey:. Cara ini mungkin akan menandai entri tersebut dengan :warning: karena alamat IP server Anda akan terlihat. Hal ini normal dan tidak dapat dihindari jika email di-hosting pada server yang sama dengan situs web yang menggunakan proxy.


Saat Anda terhubung ke server untuk mengambil pesan, Anda harus terhubung melalui host bertanda :grey:. Jika program pesan Anda diatur untuk terhubung melalui example.com yang memiliki catatan A yang ditetapkan sebagai :orange:, maka pengaturan ini tidak akan bekerja. Anda mungkin sebaiknya membuat nama host lain seperti mail.example.com atau smtp.example.com yang bertanda :grey: sehingga tidak memengaruhi konfigurasi situs web Anda di Cloudflare. Setelah Anda memiliki entri lain seperti mail.example.com bertanda :grey:, maka Anda harus mengubah nama host yang menjadi tujuan koneksi program Anda menjadi mail.example.com alih-alih example.com.

Secara praktis : saya akan menggunakan Outlook sebagai contoh, cara ini serupa untuk program/app email lainnya. Saat Anda mengonfigurasi akun email di Outlook, akan ada permintaan nama server. Nama ini sering disediakan oleh host web Anda seperti mail.yoursite.com. Dalam hal ini, Anda harus memiliki catatan A untuk pesan yang mengarah ke IP server Anda, yang bertanda :grey:. Jika Anda mencoba menggunakan subdomain/domain :orange:, kemungkinan besar pesan Anda tidak akan bekerja.

5. Apakah Anda memiliki modul spam (atau yang serupa) di server Anda yang perlu untuk mengetahui IP asal Anda?
Beberapa host web secara otomatis menginstal modul spam di server Anda, ini terutama umum untuk cPanel. Misalnya, ‘Perutean Pakar Spam’ yang memperkirakan pesan melalui nama domain. Apabila Cloudflare diaktifkan, dapat timbul masalah dengan modul ini karena alamat IP yang terlihat bukanlah server Anda. Solusinya di sini adalah memperbarui modul dengan nama host server Anda (atau dalam beberapa kasus menggunakan IP) sebagai pengganti nama domain Anda. Anda sebaiknya menghubungi host web Anda jika Anda tidak merasa yakin atau memerlukan bantuan untuk hal ini.



Referensi Tutorial: CT-19
Ditinjau: 07/21

Ini adalahTutorial Komunitas, kebanyakan adalah postingan wiki, sehingga dapat disumbangkan oleh anggota Biasa dan MVP di sini. Jika ada tutorial yang ingin Anda lihat, Anda dapat memintanyadi sini.

Jika Anda ingin memberikan tanggapan apa pun mengenai tutorial ini, buatlah postingan di kategori #Meta, tandai postingan Anda dengan #TutorialFeedback, dan beri tahu kami tentang Referensi Tutorial di atas.

Sumber daya lain yang bagus di komunitas ini termasukTips Komunitas . Tips ini membahaspraktik terbaiksaat melakukan konfigurasi Cloudflare, bagaimana caramemperbaiki masalah yang mungkin ditemukan, danperalatan untuk memecahkan masalah. Anda juga dapat melihatTips Pakar, posting yang bagus di komunitas dari orang yang memiliki informasi yang mungkin membantu Anda dan masalah Anda.

Kami menganjurkan para pengguna untuk memeriksa berbagai sumber daya yang bagus ini danPusat Dukungan Cloudflare sebelum membuat postingan